Tuesday, December 27, 2011

Harta Behrens di Laut Natuna

Koin Logam Behrens
Laut memang masih menyimpan sejuta misteri yang belum terpecah, namun satu persatu misteri tersebut terpecahkan karena teknologi sebagian kecil karena kemujuran. Salah satu misteri tersebut adalah ditemukannya lempengan Timah  kuno diperkirakan berumur ratusan tahun terpendam di dasar perairan Natuna.

Berdasarkan cerita masyarakat sekitar Natuna, jaman dahulu kala perairan Natuna adalah perairan yang sering digunakan pada pedagang lintas eropa dan asia tenggara. Terbukti salah satunya  peningalan zaman Inggris  yang di perolehnya berupa  lempengan logam  dari hasil penyelaman  laut natuna dengan tak sengaja menemukan benda asing di dasar laut.

Dalam lempengan itu bertuliskan bertuliskan   Jacob Behrens konon nama tersebut  pengusaha  terkaya di dunia pada abad 20. Seperti dari penemuan warga lainya Sebuah fosil hewan laut purba, penemuan ratusan keping keramik kuno peninggalan Cina serta ada juga  meriam kuno peninggalan Belanda.

Selidik dan selidik dari Mang Wikipedia, ternyata Sir Yakub Behrens yang lahir pada tahun 1806 adalah orang Inggris yang pada tahun 1834 menetap di Leeds serta lahir di Bad Pyrmont, Jerman. Ia berasal dari keluarga pedagang, Behrens dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Victoria pada tahun 1882 untuk karyanya dalam memperkuat hubungan perdagangan antara Inggris dan Perancis.

Behrens adalah seorang anggota terkemuka Society Bradford filosofis, dan mendirikan Rumah Sakit Mata dan Telinga di Bradford. Behrens meninggal di Torquay, 22 April 1889.


No comments:

Post a Comment